ROBERT TORU KIYOSAKI.

Robert Toru Kiyosaki (lahir 8 April 1947; umur 65 tahun) adalah seorang investorusahawanpenulis dan motivator. Kiyosaki menjadi terkenal karena buku yang ditulisnya berjudul Rich Dad, Poor Dad. Buku ini merupakan bagian dari seri buku-buku dan material lain tentang motivasi. Ia telah menulis 15 buku yang secara akumulatif telah terjual lebih dari 26 juta buah.[1] Meski ia memulai penerbitan bukunya dengan menerbitkan sendiri, buku-bukunya kemudian diterbitkan oleh Warner Books, sebuah divisi dari Hachette Book Group USA, penerbit buku yang cukup terkenal di Amerika Serikat. Pada saat ini, buku-buku barunya diterbitkan oleh perusahaan penerbitan miliknya yaitu “the Rich Dad Press imprint”. Tiga dari bukunya yaitu Rich Dad Poor DadRich Dad’s CASHFLOW Quadrant, dan Rich Dad’s Guide to Investing, telah menjadi 10 buku terlaris secara berkesinambungan di The Wall Street JournalUSA Today serta New York Times. Buku Rich Kid Smart Kidyang diterbitkan pada 2001, diterbitkan dengan maksud membantu orangtua merancangkan keuangan bagi anaknya. Dia telah membuat tiga macam papan permainan “Cashflow” berikut perangkat lunaknya, baik bagi anak-anak maupun dewasa. Ia juga memiliki kaset dan piringan magnetik kompak bagi seri “Rich Dad”-nya. Selain itu ia juga menerbitkan buletin bulanan.

Sebuah generasi keempat Jepang-Amerika, Robert Kiyosaki dilahirkan dan dibesarkan di Hawai. Dia adalah putra dari almarhum pendidik Ralph H. Kiyosaki (1919-1991). Setelah lulus dari Hilo High School, ia memasuki US Merchant Marine Academy di New York, lulus pada tahun 1969 sebagai perwira dek. Dia kemudian bertugas di Korps Marinir sebagai pilot helikopter tempur selama Perang vietnam, di mana ia dianugerahi Medali Angkatan Udara.Kiyosaki keluar dari Korps Marinir pada tahun 1974 dan mendapat pekerjaan menjual mesin fotokopi untuk Xerox Corporation. Pada tahun 1977, Kiyosaki memulai sebuah perusahaan yang memperkenalkan dompet “surfer” berbahan nilon dan Velcro untuk pertama kalinya kepada pasar. Perusahaan ini cukup berhasil pada awalnya tapi akhirnya bangkrut. Pada awal 1980-an, Kiyosaki memulai bisnis T-shirt berlisensi untuk Heavy metal band rock. Sekitar 1996-1997 ia meluncurkan CASHFLOW Technologies, Inc yang mengoperasikan dan memiliki merk dagang Rich Dad (dan Cashflow) brand.

KUADRAN

E (Employee) mendapat penghasilan bulanan tetap dari makan gaji.

2. B (Business Owner) iaitu pemilik pernigaan yang memiliki pekerja yang ramai.

3. S (Self Employed) berkerja sendiri atau memiliki pernigaan kecil yang di usahakan sendiri.
4. I (Investor) menjana wang hasil pelaburan(investment) wang  tanpa perlu bekerja/berniaga
Pindah kuadran adalah istilah untuk seseorang yang berpindah dari satu kuadran ke kuadran lainnya. Biasanya istilah ini digunakan untuk menunjukkan perpindahan dari kuadran kiri(Employee, Self Employed) ke kuadran kanan (Business Owner, Investor).

Pindah kuadran biasanya memerlukan pengorbanan dan tenaga & masa  yang cukup besar. Karena biasanya seseorang telah cukup lama berada di kuadran tertentu, seseorang akan masuk ke dalam comfort zone (selesa) sehingga cenderung menolak perubahan.

Saya sendiri pernah berpindah kuadran. Perpindahan pertama adalah dari kuadran E (Employee) ke kuadran S (self employed) dan kini sedang berusaha kuat untuk menuju ke B dan I.

Antaran lain kebaikan berpindah kuadran adalah apa bila kita telah berada di sebelah kanan, kita semakin hampir kepada FREEDOM,iaitu kebebasan masa dan wang.Jika kita di kuadran Borang yang bekerja untuk kita dan memberikan wang setiap bulan tanpa kita bersusah-susah untuk bekerja.Tugasan kita hanya membayar pekerja kita saja.

Begitu juga dengan I duit yang bekerja untuk kita contohnya anda mempunya wang yang banyak dan membuat pelaburan bijak denga membeli Aset seperti di ASB atau membeli emas atau hartanah.Setiap bulan Aset ini akan memberikan pendapatan kepada kita.Ini yang di maksudkan pendapatan PASIF.

Di waktu kita memiliki Aset yang banyak maka kita akan menerima gaji bulanan secara tetap masuk ke bank kita  walaupun kita tak bekerja atau sedang bercuti.Dan yang paling baiknya berpindah kuadran ini adalah semua hasil usaha kita boleh di wariskan ke anak dan cucu kita.Bayangkan jika kita hanya makan gaji,sampai waktu kita pencen ,kita tak dapat mewariskan hasil usaha berpuluh tahun kita kepada anak dan cucu kita melainkan kita telah mengumpul aset menggunkan wang simpanan hasil dari makan gaji.

Malangnya tidak ramai orang yang makan gaji menyimpan duit,kerana sentiasa dalam keadaan yang serta tak cukup setiap bulan.Ramai yang setelah bersara masih lagi bekerja atau terpaksa berniaga kecil-kecilan untuk menampung keperluan sisa hidup mereka.

Jadi mulakan dari sekarang perpindahan anda.Hijrah kepada kebaikan.Pastikan kita pencen kaya dan bebas dari belenggu wang.

Saksikan Video ini jika mahukan lebih kefahaman tentang 4 kuadran ini:

 

dipetik dari wikipedia dan blog usahawan melayu 

Tinggalkan Jawapan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s